Jumat, 23 Agustus 2013

Mengatasi macet saat print (Canon IP2770)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Selamat datang di hutan blog jamanit12, sebelum posting ane mau cerita dulu nih boleh kan, jadi begini kemarin-kemarin ane bantuin sodara ngprint SKRIPSI yang akan di sidangkan besok harinya. Rencana pas subuh mau ke rumah temennya malah kebablasan alhasil jam 6 baru berangkat kerumah temennya kita langsung bergegas pasang print clok kbel sana sini, di tengah perjalanan printer Canon pikma IP2770 mendadak macet kertas nyangkut di printer, tombol ON dan RESUME menyala bergantian di layar laptop ada peringatan seperti gambar berikut

kertas ane cabut, trus printernya dimatiin dinyalain lagi, baru beberapa lembar ngprint hal yang sama terjadi lagi, sampai beberapa kali berulang. Ane coba teken tombol RESUME beberapa detik sampai menit hasilnya nihil.
hari mulai siang bdan trasa pnas dngin, muka sang sodara mendadak bermuram durja (hahaha).
Akhirnya ane berinisiatif buka cartridgenya lalu memasangnya lagi, dan hasilnya memuaskan tak ada macet-macetan lagi kawan.
Jadi penyelesaian dari permasalahan di atas adalah
1. Buka crtridge dengan hati-hati, bersihkan HEAD cartridgenya, hati-hati jangan sampai merusak atau membasahi logam kuningan warna kuning, bisa-bisa koslet atau malah tambah parah.
2. Bersihkan cartridge satu persatu dengan tisu, tekan tisu pada head pelan-pelan supaya tintanya terpancing keluar.
3. Jika sudah, pasang kembali cartridge  tersebut, awass jangan samapi terbalik.
4. Terakhir matikan printer kemudian nyalakan kembali.
Untuk lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini
Cartridge Printer Canon IP2770

Cartridge

Penjelasan :
Pada gambar di atas terlihat bahwa HEAD (merupakan tempat keluarnya tinta) dan CHIP (berfungsi untuk menghubungkan cartridge dengan mainboard printer)

Setelah itu printer kembali normal , alhamdulillah sodara ane pun tersenyum lebaaar hahaha.
kemungkinan itu berlaku untuk printer yang lainnya.

OK mungkin itu sedikitnya pengalaman dari ane pribadi yang mudah-mudahan dapat membantu temen-temen yang mempunyai permasalahan yang sama,, Terima kasih

jangan lupa komeng, 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb